Monday, May 30, 2011

Ensiklopedia : Alam Semesta
Tulis teks di sini

Ensiklopedia : Alam Semesta


ALAM SEMESTA

Alam Semesta adalah ruang mahaluas yang berisikan segala sesuatu yang ada,termasuk matahari,planet,dan galaksi Bimasakti.Alam semesta terus membesar dan tiap bagian sedikit demi sedikit menjauhi bagian lain.Kita tahu alam semesta melalui teleskop yang sangat kuat,yang digunakan untuk meneliti cahaya,gelombang radio,sinar-X dan radiasi antariksa lain yang sampai ke bumi.Cahaya bintang menempuh jarak sekitar 9,5 miliar km tiap tahun.Jarak ini disebut "Tahun Cahaya".Cahaya bintang yang tampak melalui teropong mungkin telah menempuh ribuan tahun cahaya untuk sampai ke kita.Alam semesta terdiri atas miliaran galaksi.Sebagian besar ilmuwan percaya bahwa galaksi terbentuk dari gas,yang dihasilkan oleh ledakan dahsyat di alam semesta miliaran tahun lalu.Ini disebut "Big Bang(Teori Ledakan Dahsyat)".

Galaksi

Galaksi berisi gas,debu,dan miliaran bintang.Ada tiga bentuk utama galaksi : elips,tak beraturan,dan spiral.Kebanyakan galaksi berbentuk elips,mulai dari yang bersosok bola hingga bersosok telur.Sebagian kecil galaksi berbentuk tak teratur.Yang lain,seperti Bimasakti,berbentuk spiral.Kebanyakan galaksi termasuk dalam gugusan galaksi,yang terdiri atas ribuan galaksi dari ketiga bentuk tersebut.

1.Galaksi Elips
Sebagian besar galaksi elips,terdiri atas bintang berwarna merah yang berusia lebih tua.Galaksi ini mengandung sejumlah kecil gas dan debu,yang menjadi cikal bakal bintang baru.



2.Galaksi Tak Beraturan
Kabut Magelhaens Besar adalah galaksi tak beraturan.Galaksi tetangga ini berjarak 160.000 tahun cahaya dari bimasakti dan bergaris tengah 30.000 tahun cahaya.



3.Galaxy spiral
-Bimasakti
Matahari merupakan salah satu dari 100 miliar bintang di galaksi bimasakti.Galaksi spiral ini punya lengan melengkung,yang berisi bintang-bintang yang memancar dari pusat Bimasakti yang berbentuk bola.Garis tengah galaksi ini berjarak sekitar 100.000 tahun cahaya.Matahari berjarak sekitar 30.000 tahun cahaya dari pusat galaksi.



Black Hole(Lubang hitam)

Para ilmuwan percaya bahwa gaya gravitasi beberapa bintang sangat kuat,sehingga bahkan cahaya pun tak bisa lolos darinya.Ini mengakibatkan terciptanya lubang hitam,semacam gerbang keluar dari alam semesta kita.Lubang hitam itu sendiri tidak kelihatan,tapi dapat menghasilkan kuasar,yakni cahaya paling cemerlang yang kita kenal.



Alam Semesta Mengembang

Kita dapat memahami bagaimana alam semesta mengembang dengan melihat beberapa potong kertas yang direkatkan ke balon.Tiap potong kertas mewakili satu kelompok galaksi.Ketika balon ditiup,semua potongan kertas menjauh satu sama lain.Begitulah kelompok-kelompok galaksi bergerak saling menjauhi.Makin jauh,makin cepat kelompok meninggalkan kita.



Sumber : Ensiklopedia Populer Anak buku ke 1

INFO : Buat agan-agan yang mau mendukung ModernW4R3 agar tetap eksis dalam memposting artikel software,games,driver dan masih banyak lagi yang bermanfaat bagi kalian semua tentunya Full Version and Free.Silakan liat disini Donasi For ModernW4R3